Friday 9 May 2008

Berapa Lama Bisa Berbahasa Inggeris

Begitu sering orang tanya. Kalau saya ikut kursus bahasa Inggeris, berapa lama saya bisa bicara bahasa Inggeris. Saya sering mengatakan pada penanya bahwa belajar bahasa itu sama seperti orang belajar berenang. Berenang harus di air. Bisa berenang tidak ditentukan oleh berapa lama orang berada dalam kolam renang. Tetapi dia harus betul berenang. Demikian juga dengan belajar bahasa. Kita harus menggunakannya.
Bagaimana cara saya sendiri? Guru saya memaksa kami belajar 10 (sepuluh ) kata sehari. Dan kami akan selalu ditest setiap hari. Karena menurut hitungan dalam setahun 3650 kata.Kami terbiasa menulis dan membaca kata itu dengan suara. Dan bila itu diteruskan dengan lebih rajin maka banyaklah kosa kata. Dan jangan lupa membaca buku. Mulai dengan buku sederhana. Ada buku untuk pemula (Beginner). Baca sebanyak-banyak buku untuk pemula. Kita merasa sangat dekat dengan bahasa itu. Kalau sudah lebih maju kita baca tingkat menengah (intermediate). Dan tekuni beberapa buku sejenis ini. Bila ada kata-kata sulit ditulis saja dan carikan di kamus. Kemudian baca lagi. Kalau sudah beberapa buku intermediate dibaca dan mulai merasa lebih bisa anda meningkatkan diri. Caranya beli buku tingkat advance.
Anda akan merasa berat tetapi terus saja. Sedikit paksa diri untuk membaca satu atau dua buku.

Tetapi kini setelah saya menjelajahi blog-blog dalam bahasa Inggeris ada banyak peluang untuk meningkatkan kosa kata Inggeris. Saya membaca juga berbagai blog anak gaul Indonesia menggunakan kata-kata Inggeris yang penuh variasi. Ini dipakai untuk menambah vocab.
Lalu apakah dengan itu serta merta bisa omong Inggeris. Nanti dulu. Anda perlu berenang lagi ditempat ada peluang untuk itu. Cari teman untuk praktek.
Silahkan mencoba.

No comments: