Friday 9 May 2008

Mujarab Sate dan Tongseng Kuda

Saya baru saja menonton televisi . Di Solo, Jawa Tengah ada warung, yang khusus mempunyai menu sate dan tongseng daging kuda. Cara bikin satu adalah daging dipotong-potong ,kemudian diremas dengan daging buah nanas . Manfaat air daging buah nanas adalah untuk membuat daging kuda menjadi empuk. Kemudian daging ditusuk pada lidi dan dibakar sebagaimana sate kambing atau ayam.
Tongseng adalah jenis masakan daging yang sangat mudah. Daging dipotong-potong seperti untuk sate. Untuk mengempukkan daging boleh diremas daging buah nanas. Bumbu-bumbu tongseng sebetulnya sederhana. Kecap, lada, bawang putih, potongan sayur kol dan daging kuda.
Masakan tongseng dan sate daging kuda menurut pengakuan para pelanggan, sebagaimana disiarkan televisi, bisa menyembuhkan beberapa penyakit terutama reumathik dan sesak nafas.

Di Mataloko, Flores, daging kuda dibuat perkedel. Daging kuda yang digiling halus kemudian dibulatkan campur tepung dan digoreng, cita rasanya luar biasa. Gurih sekali. Saya sendiri telah banyak kali makan. Maklum di Mataloko ada peternak kuda. Saya jadi ingat Br.Lebuinus dan Br. Othmar pengelola kandang ternak sapi, kuda dan babi untuk konsumsi sendiri.

No comments: